Sehat Bersahabat Dengan Penyakit Diabetes

Sehat Dengan Penyakit Diabetes - Apa itu diabetes ? dengan dibetes kita harus memahami pengertian dari deabetes.salah satu mekanisme terjadinya penyakit diabetes adalah kerusakan sel pankreas mengeluarkan insulin.Insulin merupakan enzin yang di butuhkan oleh tubuh kita untuk mengambil glukosa,yang merupakan sumber energi utama tubuh.

Untuk memudahkan kita memahami penyakit kita akan simak perumpamaan ini ya brooo. Analogi yang mudah dipahami adalah insulin seperti pom bensin yang berfungsi memasukkan bensin berupa glukosa ke dalam mesin tubuh kita.tentu tanpa insulin,sel tubuh kita akan kekurangan sumber energi yaitu glukosa.Glukosa yang tidak bisa masuk ke sel tubuh akan menumpuk di darah sehingga akan menyebabkan ciri khas dan penyakit diabetes yaitu kadar gula darah yang tinggi.

RISIKO KESEHATAN DIABETES. Diabetes dapat menyebabkan berbagai komplikasi penyakit di masa depan.salah satu mekanisme terjadinya komplikasi diabetes pada pasien adalah: keadaan gula darah yang berlebihan didalam darah dapat merusak dinding pembulu darah.Apabila penyakit ini tidak terkontrol dengan baik maka terdapat beberapa penyakit yang dapat terjadi seperti :Penyakit jantung,Stroke,Kerusakan saraf,Luka yang sulit sembuh,Kebutan pada mata.

Broo kita sudah memahami resiko penyakit diabetes yang dapat mengakibatkan beberapa penyakit,kita tidak perlu takut karena ada beberapa cara yang dapat kita lakukan  untuk menurunkan resiko terjadinya penyakit tersebut.Selain pengobatan dan kontrol ke dokter,adabeberapa langkah untuk mencegah komplikasi Deabetes.

  • Jaga berat badan,berat badan yang ideal akan membantu kita untuk menyetabilkan gula darah,tekanan darah dan kolesterol.
  • Makanan yang sehat,pola makan yang disarankan adalah pola dieet rendah lemak,garam dan gula.Namun bukan berarti kita tidak boleh makan gula sama sekali.Makan gula dan lemak dalam porsi sedang.
  • Jangan merokok,merokok akan meningkatkan resiko kita untuk menderita penyakit jantung dan stroke.Jadi jika kita merokok carilah bantuan untuk kita bisa meninggalkan kebisaaan merokok.
  • Olahraga,olahragalah secara teratur dengan dorasi min 30 menit setiap hari,5 sekali  seminggu.Olahraga rutin membantu kita untuk tetap sehat dan menjaga berat badan tetap edial.Olahraga bukan berarti kita harus bergabung dalam tembat fitnes yang mahal,karena terdapat berbagaicara lain untuk berolahraga.
Brooo sekian dulu ya ?? nanti kita sambunga dengan tema kesehatan yang lain.

0 Response to "Sehat Bersahabat Dengan Penyakit Diabetes"

Posting Komentar